14 July 2009

Mengamankan password administrator

Bagi tangan jahil, password akun Administrator selalu jadi incaran. Soalnya, administrator punya hak akses penuh untuk melakukan apapun di sistem komputer. Selain alasan tadi, penggunaan user name administrator yang sudah umum digunakan juga menjadi salah satu penyebab akun administrator mudah dibobol. Nggak mau dong kebobolan Cuma gara-gara ada menebak password…

Salah satu cara untuk menghindari terjadinya pembobolan akun administrator adalah dengan menonaktifkannya. Setelah menonaktifkan administrator, kalau sampai ada yang nekat coba-coba login dengan user name administrator maka akan muncul peringatan “Your account has been disabled. Please see your system administrator.” dan yang pasti proses login nggak bakal dijalankan.

Kalau sampai pengguna yang iseng itu punya akun di komputer untuk login dengan hak akses bukan administrator dan kemudian menggunakan fasilitas Run as... pasti cara itu juga gagal. Setiap usaha mendapatkan akses sebagai administrator akan muncul peringatan Unable to logon: Logon failure: account currently disabled.

Nah, bagi yang ingin menonaktifkan akun administrator di Windows, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Klik Klik [Start]-[Control Panel]-[System and Maintenance]-[Administrative Tools] [Local Security Policy].
  2. Bila jendela Local Security Policy telah terbuka, masuklah ke Security Settings-Local Policies Security Options.
  3. Setelah itu, carilah policy Accounts: Administrator account status.
  4. Klik dua kali policy tersebut kemudian pilih Disabled.
  5. Setelah itu tutup kotak dialog dengan mengklik [OK] dan tutup jendela Local Security Policy.
Jika Anda telah menjalankan trik di atas dengan benar, akun administrator tidak akan dapat diakses lagi. Perlu diingat, sebelum menonaktifkan akun administrator, pastikan Anda telah membuat minimal satu akun dengan user name lain yang mempunyai hak administrator.

Related Story

No comments:

Post a Comment