15 July 2009

Rahasia monetizing blog

Saat ini mungkin yang sedang Anda pikirkan adalah: “Saya harus mulai berpenghasilan melalui online!”. Atau pikiran seperti ini sudah lama ada di benak Anda, tapi dengan mengesampingkan kondisi telah menjadi bagian dari komunitas online atau bisa dibilang Anda masih belum beranjak dari posisi semula. Atau bisa jadi, memang Anda telah menghasilkan uang online tapi masih menghindar untuk menghasilkan lebih banyak lagi.

Seperti kebanyakan Anda, Jeremy Schoemaker, dulu sudah pernah masuk ke semua kategori tersebut. Sekarang, dia dikenal sebagai ‘Shoemoney’ (karena alasan yang sangat jelas, menghasilkan uang). Ada yang harus kita ketahui faktor-faktor terpenting yang harus diingat dalam menghasilkan uang online.

Dalam video wawancara dengan Abby Prince, Jeremy menjelaskan dengan sangat spesifik mengenai blog dan bagaimana melakukan monetize blog. Menurutnya real money di blog ada di affiliate network. “Jika ingin ngeblog tentang suatu tema dan ada link di dalamnya” Kata Schoe, “pastikan untuk dianggap penting agar mendapatkan link.”

Berikut cuplikan dari wawancara yang sangat informatif bagi siapa saja yang sedang melakukan bisnis online, tidak hanya sekedar bloger. Dalam usaha menghasilkan uang, Anda perlu mengesampingkan atau tidak menomersatukan uang dahulu. Menurut Jeremy, ditujukan bagi para bloger bahwa tujuan utama para blogger adalah mendapatkan pembaca (reader) baru dan meningkatkan jumlah RSS subscriber.

Jika hanya posting tulisan atau melakukan blog entries tentang apa saja yang diinginkan affiliate membayar rate paling tinggi hari itu, pembaca Anda akan dengan cepat bosan, mereka akan merasa ada yang kurang, lapar akan info terbaru. Ini kebenaran bukan hanya untuk para blogger saja tapi siapa saja yang memiliki website dan segala bentuk iklan - affiliate atau yang lainnya.

Jeremy menekankan tujuan dari para blogger adalah membangun basis pembaca (membangun traffic) dan berhati-hati atas kehilangan basis pembaca ini karena posting promosi yang kurang bagus(bad/excessive ads).

Kebayakan dari kita tidak bekerja secara nyaman diakhir pekan. Disaat yang sama, harus diingat bahwa subscriber, pembaca, end user atau customer tidak menggunakan internet hanya untuk kesenangan membaca saja dan mengklik link yang ada dan mendatangkan uang untuk Anda.

Beriklanlah. Buatlah konten yang benar-benar menarik perhatian Anda, menarik perhatian pembaca juga. Kemudian gunakan affiliate link yang relevan dan atau jual space iklan ke sponsor yang cocok dengan konten Anda.

Traffic akan datang karena content, bukan untuk mendatangkan uang untuk Anda. Jika user yang berharap akan content berkualitas menjadi berkurang karena content Anda sangat mengarah ke promosi sekali… mereka akan pergi menginggalkan Anda.

Jika Anda bangun di pagi hari dan menemukan bahwa traffic and mengarah ke jurusan yang salah… cobalah untuk melihat dari sudut pandang para user. Apakah site Anda memiliki lebih banyak sponsor atau banner dibanding ajang balap mobil NASCAR? Pasti ada masalah. Priotitas dan eliminasi. Apakah Anda memiliki iklan dan link Secure Servers dan Web Hosting dalam site furniture Anda? Saya tidak ambil pusing berapa mereka mau bayar berapa… tapi ini mengancam kredibilitas Anda dalam jangka panjang… dalam hal ini keuangan. Coba cari sponsor yang selaras dengan konten site. Mungkin mereka membayar lebih sedikit, tapi mereka tidak akan membuat basis user Anda lari.

Jadi ketika Shoemoney mengatakan rahasia terbesar dalam menghasilkan uang adalah simpan dulu uangnya… inilah yang dia maksudkan. Basis user Anda adalah komoditi terbesar Anda. Jika Anda memelihara basis user, mereka akan memelihara Anda juga. Membangun basis user merupakan pekerjaan berat. Apakah Anda mau mempertaruhkan mereka hanya karena sedikit ekstra dolar setiap bulannya?

Apa yang Anda pikirkan sekarang tetang faktor terpenting dalam monetizing site (atau blog)?

Related Story

No comments:

Post a Comment