06 July 2009

Tips mempercantik dapur anda

Salah satu bagian yang kurang diperhatikan orang adalah bagian dapur. Selain terletak di belakang rumah, dapur pun dianggap sebagai tempat yang "kotor".

Padahal dengan sedikit sentuhan "magis", dapur dapat disulap menjadi sehat dan indah. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda perhatikan untuk menyulap dapur menjadi sehat.

Pertama, atur perabotan agar tertata dengan baik. Area kerja untuk mengolah masakan dengan area penyimpanan harus menjadi satu kesatuan yang harmonis, tidak tumpang tindih. Anda dapat merancang posisi interior dengan cermat tempat menyimpan bahan makanan, peralatan-peralatan memasak, letak kompor,dan juga peletakan sampah dapur. Lemari, ataupun kitchen set yang praktis dan berdisain minimalis bisa menjadi solusi.

Kedua, aturlah dapur agar memiliki sirkulasi udara yang bagus. Untuk mengatasi dapur yang gelap dan pengap, Anda harus mengupayakan sirkulasi udara yang bagus. Cara mengatasinya ialah dengan menambah buka-bukaan di area dapur. Bukaan bisa berwujud jendela, pintu atau pembuatan skylight untuk pencahayaan dari langit-langit. Penambahan exhaust fan juga dapat dipakai untuk pembuangan asap.

Ketiga, tambahkan berbagai macam elemen furnitur. Menyiasati supaya dapur tertata rapi dapat dilakukan dengan mengatur bermacam elemen furnitur yang saling berhubungan. Menyiapkan jalan aliran listrik juga harus dicermati. Upayakan tempat aliran listrik mudah dicari dan posisinya tidak membahayakan penggunanya.

Keempat, bersihkan dapur secara berkala. Agar dapur mudah dibersihkan, ada baiknya jika level lantai ditinggikan. Peninggian level lantai dapur ini bertujuan agar memudahkan penghuni rumah untuk membersihkan dapur dari sampah-sampah sisa memasak.

Kelima, gunakan corak warna-warni di dapur. Permainan corak warna untuk dapur dapat menciptakan kesan lapang. Anda bisa memilih warna-warna hangat misalnya, oranye, kuning, dan merah. Bisa juga dengan pilihan warna dingin seperti biru, dan hijau, tetapi pilihlah yang muda dan tak terlalu gelap. Kombinasi antara warna hangat dan dingin untuk dapur Anda, juga mampu menciptakan keunikan tersendiri.

Makanan yang sehat berawal dari dapur yang sehat. Melalui dapur yang sehat, kualitas kesehatan keluarga pun akan semakin meningkat.

Related Story

1 comment: