07 May 2010

Cara hemat atasi stres

Kita pasti tidak ingin mengalami stres dalam kehidupan sehari-hari. Banyak hal buruk yang timbul akibat stres. Tak hanya mengganggu keseimbangan tubuh, tapi juga menimbulkan masalah kesehatan seperti jerawat, dan gangguan berat badan.

Tetapi, kondisi seringkali membuat kita sulit menghindari dari stres. Itulah mengapa, penting untuk belajar mengendalikan dan mengatasi stres. Seperti dikutip dari vivanews.com, berikut beberapa terapi sederhana dan murah untuk menenangkan ketegangan saraf, saat stres menyerang.

Pijat Mini di Kantor
Saat stres menyerang, luangkan waktu untuk melakukan pijat selama 30 detik. Letakkan siku pada meja. Lalu, tekan ibu jari di bawah alis di antara kedua sisi hidung selama 10 detik.

Selanjutnya, cubit alis dengan ibu jari dan jari telunjuk. Tahan selama satu detik, kemudian gerakkan jari ke arah alis bagian luar hingga mencapai seluruh alis. Tindakan ini tidak hanya menenangkan indra, tetapi juga melemaskan otot yang kaku.

Sauna
Keringat bisa memperbaiki hari yang buruk. Keringat penting untuk menenangkan emosi, memperbaiki sirkulasi darah, dan mengurangi racun. Mengunjungi sauna atau menciptakan sauna sendiri di rumah bisa mengurangi stres.

Ciptakan efek sauna di rumah dengan duduk di dekat seember air panas sambil menutup kepala dengan handuk. Jika memiliki sejarah penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau sedang hamil, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter untuk tindakan pencegahan.

Jalan Meditasi
Berjalan sambil melakukan meditasi bisa meredakan ketegangan. Caranya, berjalan sepelan mungkin selama 20 langkah. Selama berjalan, rasakan setiap langkah kaki bergerak, dengarkan aliran napas melalui paru-paru, dan rasakan, serta cium dan lihat segala sesuatu di sekeliling Anda.

Ulangi beberapa kali. Praktek sederhana ini akan membantu Anda berhubungan dengan suara hati dan membimbing intuisi melalui rasa stres.

Source : vivanews.com

Related Story

2 comments:

  1. hmmm tips yang menarik sobat!! emangb stress! harus di manajemen dg baik! supaya ahhh!! salam kenal sobat

    ReplyDelete
  2. Thanks sob udah mampir ya...

    ReplyDelete