14 May 2011

Mengatasi Godaan Internet

Menggunakan internet kini seolah menjadi kewajiban untuk mengetahui apa yang terjadi di luar sana. Tapi bagaimana ketika penggunaan internet itu berbenturan dengan pekerjaan?

Coba, mana yang Anda pilih, mengerjakan laporan atau mengecek akun Facebook? Membuat presentasi atau menonton video di YouTube? Berbagai tugas kini bisa diselesaikan dengan menggunakan komputer pribadi (PC), laptop, ponsel, dan tablet. Dan di berbagai perangkat itu pula, Anda juga bisa mendapatkan kesenangan dan hiburan.

Mengatasi masalah godaan kesenangan di internet memang cukup sulit. Pasalnya, pikiran manusia dirancang untuk selalu ingin tahu, bermain dan berinteraksi. Jadi, ketika membujuk diri Anda untuk menyelesaikan tugas ketimbang bersenang-senang dengan internet, itu adalah sebuah pertempuran melawan sifat Anda sendiri.

Apabila Anda memaksakan untuk mengerjakan tugas sambil mengecek Facebook misalnya, artinya Anda sedang mencampuradukkan berbagai kegiatan dalam satu waktu. Perhatikan hasilnya? Apakah tugas Anda bisa selesai dengan sempurna atau tidak.

Ketika sedang bekerja dan di-tab browser terlihat ada seorang teman yang tidak berhubungan dengan pekerjaan sedang online. Bagaimana supaya Anda tidak terpancing untuk chatting? Ya, gangguan selalu ada ketika melakukan dua perkerjaan sekaligus, apalagi bila salah satunya cukup menyenangkan.

Mengutip situs teknologi PC World, apabila Anda sudah adiktif dengan internet, maka ketika bekerja Anda tidak sepenuhnya menyelesaikan tugas karena konsentrasi bisa terpecah. Begitu pula ketika di rumah, Anda bisa jadi tidak menikmati waktu bersama keluarga karena sibuk dengan hubungan di dunia maya.

Cara mengatasi godaan internet ini, menurut PC World, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memisahkan peralatan yang biasa digunakan untuk bekerja dan bersenang-senang. Misalnya, gunakan PC desktop untuk bekerja dan laptop untuk mendapatkan hiburan di internet. Sederhana bukan?

Langkah kedua adalah tidak menginstal peranti lunak atau layanan yang mendukung "kesenangan" di perangkat bekerja. Contohnya, jangan memasukkan game atau mengakses situs jejaring sosial di komputer yang biasa digunakan untuk bekerja.

Apabila Anda sudah benar-benar jenuh dengan pekerjaan, lakukanlah upaya ketiga ini. Segera menjauh dari perkerjaan dan bawalah gadget yang biasa digunakan untuk bermain atau bersenang-senang di internet. Istirahat dan longgarkan diri Anda dari tekanan pikiran dan pekerjaan.

Sumber

Related Story

No comments:

Post a Comment