24 November 2011

Peliharaanku Kura-Kura Manouria Emys (Kaki Gajah)

Halo semua kali ini saya akan posting mengenai hobi saya yang sebenarnya rada dibilang aneh, kenapa karena hanya sedikit orang yang suka akan hobi ini, apakah itu...yup pelihara reptil...namun yang saya elihara kali ini reptil dari jenis kura-kura darat bahasa Inggrisnya tortoise. Nah apa bedanya Tortoise dengan Turtle ? tentu ada bedanya, walaupun sama-sama dari satu family dalam animal kingdom yaitu family chelonia (hewan bercangkang). Kalau Tortoise itu habitat hidupnya berada full di darat seperti gurun, hutan dan pegunungan.

Kalo turtle itu jenis kura-kura air yang hidupnya full di air atau semi akuatik, kadang di darat kadang di air, dari jenis makanannya pun berbeda, kalo tortoise cenderung ke herbivora, menyukai sayuran dan buah-buahan, kalo turtle cenderung karnivora/omnivora, nah kali ini saya akan membahas peliharaan saya yaitu kura-kura kaki gajah (Manouria Emys). Kenapa disebut kura-kura kaki gajah karena memang bentuk kakinya besar seperti gajah.

Saya mendapatkan kura-kura ini sekitar bulan Mei 2011 lalu, dengan harga sekitar Rp. 550.000 dari seorang penjual di Jogja, kura-kura ni terkenal cukup tangguh dengan segala kondisi iklim karena kura-kura emys ini merupakan kura-kura lokal asli Indonesia, habitatnya ada di hutan Sumatera dan Kalimantan, berikut penampakannya :



Manouria Emys



Manouria Emys

Keren bukan Emys saya, itu ukurannya sekitar 25 cm, paling doyan makan kangkung, buah tomat, pisang sama sawi, ukuran maksimal bisa mencapai sekitar 40cm dan usia bisa sampai 25 tahun, perawatannya pun cukup mudah, dengan membersihkan kandangnya setiap 2 hari sekali, dijemur pada pagi hari dan dimandikan setiap 2 hari sekali supaya tetap bersih dan tidak mudah terserang penyakit.

Sekian cerita saya tentang hewan peliharaan saya, semoga dapat memberikan pencerahan dan edukasi tentang dunia per reptilan pada umumnya dan kura-kura pada khususnya.

Related Story

No comments:

Post a Comment