10 December 2011

Cara Menghemat Baterai Android

Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya platform android cukup boros terhadap daya baterai, sehingga mambuat kita sering malkukan charge. berikut kami berikan tips untuk memperpanjang dan menghemat baterai android.

1. Charging
Usahakan saat men-charge batrei benar-benar dalam kondisi low dan saat melakukuan charging usahakan sampai batrei benar-benar penuh baru di cabut. Ini adalah hal paling dasar dan berlaku pada semua jenis handphone.

2. Task Manager
Gunakan aplikasi task manager baik bawaan andorid maupun aplikasi third party seperti systempanel yang dapat di download di android market. Task manager berguna untuk mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan oleh system. Seperti game, browser, atau aplikasi lainnya yang tidak sedang anda pakai.

3. Toggle Switch
Walaupun aplikasi ini biasanya bawaan handphone android, namun terkadang ada yang tidak menyertakannya. Penting untuk mendownload aplikais ini unutk mengontrol (on/off) paket data, Wifi, GPS, Blutooth, tathering dengan sangat mudah, karena aplikasi ini memiliki widget khusus yang dapat diletakan di desktop android kesayangan anda.

4. Brightness dan Contrast
Atur kecerahan layar anda seperlunya, jangan terlalu cerah selama anda masih dapat melihatnya, bakan disarankan serendah mungkin untuk daya taha baterai jauh lebih lama. (dengan menginstall toggle switch, pengauran juga dengan sangat mudah dilakukan di desktop).

5. Stabilitas Jaringan Provider
Jika handphone anda mendukung 2G dan 3G, cukup setting dengan option ‘2G Networks Only’. Hal ini dikarenakan kualitas jaringan 3G di Indonesia masih belum stabil, sehingga perubahan otomatis antara 2G ke 3G maupun sebaliknya akan cukup meguras daya batrei anda. Jika sekedar telepon, sms, maupun browsing, 2G sudah cukup.

6. Uninstall
Hapus program-program yang tidak begitu penting untuk android anda. Aplikasi AtrackDog dapat memudahkan anda untuk memberi tahu aplikasi-aplikasi ynag tidak berguna dan meminta konfirmasi anda untuk menghapusnya.

7. Syncronisasi
Setting manual untuk mematikan koneksi sinkronisasi pada Android gadget
Masuk ke menu Settings > Accounts & Sync > Uncheck Back ground data. Hal ini sangat dianjurkan dalam menghemat baterai dengan mengagalkan sambungan langsung data yang secara otomatis tersinkronisasi dalam Google Service.

8. Screen timeout
Settinglah screen timeout agan secara normal. Jangan terlalu cepat atau pun terlalu lama. Normalnya adala sekitar 30 detik – 1 menit.

9. Wallpaper
Minimalisir penggunaan live wallpaper yan telah terkenal menguras daya baterai. Gunakan Standrat wallpaper gambar, bahkana ada yang mengusulkan untuk menggunakan walpaper berupa pattern dengan warna gelap ataupun keabu-abuan.

10. Kecanggihan Android
Setelah mendapatkan refrensi dari sebuah sumber terpercaya, bahwa kita harus megnubah pola pandang kita yang windows minded maupun nokia minded tentanf tips nomer 2 di atas, ternyata andorid sudahdirancang lebih canggih daripada yang kita bayangkan.

Related Story

No comments:

Post a Comment