25 July 2012

Bangun pagi dibangunin mesin perontok jagung

Mesin Tleser Jagung
Beberapa hari ini tidur saya agak terganggu dengan raungan suara mesin perontok jagung atau lebih dikenal dengan Tleser Jagung, kenapa begitu..??? karena dalam seminggu terakhir ini jalan depan rumah saya yang kebetulan masih mulus digunakan oleh tetangga sekitar untuk jemur hasil panenan mereka.

Dan anehnya selama seminggu silih berganti tetangga saya panen jagung dan ditleser di depan rumah saya, tak terkecuali saya sendiri juga ikutan panen jagung, tiap pagi jam 5.30 itu suara sudah meraung-raung membangunkan orang yang lagi enak-enak tidur, kalo pas jemur debu sisa rontokan jagungnya kadang juga sampe masuk ke rumah.

Mesin itu ibarat alarm jam weker yang selalu membangunkan saya mulai jam 5.00-5.30 setiap hari selama 1 minggu ini dengan suaranya yang khas. Mungkin ini musim panen raya kali ya, orang-orang kejar setoran untuk lebaran besok, hehehe...

Tapi ya mau gimana lagi, fenomena unik ini hanya ada di pedesaan yang mayoritas penduduknya adalah petani, aktifitas petani 24 jam nonstop untuk ngurus tanaman mulai dari nanam sampe ngejual hasil panenan.

Sebenernya sih selain mesin tleser jagung ini, ada juga mesin tleser padi, disamping ongkosnya murah, cepat dan tidak memakan banyak tenaga untuk menumbuk padi atau merontokan jagung, ini adalah salah satu inovasi teknologi di bidang pertanian juga.

Apakah di tempat anda ada mesin seperti ini juga..???

Related Story

23 comments:

  1. ga ada kayak gitu di tempat gue,
    tapi pengen juga sih ngerasain berada di kampung yang mayoritas petani :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..main aja kerumah saya mas, rasakan sensasinya...

      Delete
  2. jelas gak ada hehee kan di kota. ada suara motor lewat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya suara motor ma suara angkot lewat..hehehe

      Delete
  3. tempat gue adanya mesin perontok rambut bang -__'
    rambut gue jadi korbannya ...
    btw, asik tuh bang bisa makan jagung kalo pengen ..
    disini susah nyari penjual jagung -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahahaha rambut atas pa rambut bawah nih, unik juga ada mesin kayak gitu...

      Delete
    2. wahaha ...
      rambut bawah rambut apa sob :D :d :D

      gue doyan jagung bang ...
      jagung rebus disini harganya 2ribu ...
      mending beli indomie aja -_-

      Delete
    3. ah elu tiap hari makan indomie mulu

      Delete
  4. Replies
    1. wah berarti rumah ente ndeso banget mas..wkwkwkwk

      Delete
  5. tapikan panen juga gan, hehehe. boleh lah di bawa hasil panennya ke rumah ane ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya boleh, klo mau sini aja mas..hahahaha...

      Delete
  6. Hehehe.. ada ada aja mas ini postingnya... dirumah saya berisik suara palu,,, btak bltok mulu ntu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew suara palu ngapain itu mas..??

      Delete
  7. Semoga hasil panennya banyak yaa :)
    Rada sedih juga kalo dengar orang yang gagal panen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mbak...amin deehhh..hahahaha

      Delete
  8. sudah gak ada lagi mas di jogja suara kayak gt.. kecuali di tempat yg masih pedesaan seperti di minggir

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya koq...termasuk tempat saya yang masih ndeso

      Delete
  9. Aku malah nggak bisa tidur karena mercon nih, eh iya salam kenal

    ReplyDelete
  10. adanya suara knalpot, mas...hihihihi..
    tiap pagi meraung terus selama tinggal di sini..
    kecuali hari sabtu dan minggu agak tenang..

    tapi ada juga sih yang meraung.. tuh anak tetangga depan rumah...kekekeke

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...bisa aja nih mbak Ay..jadi tambah rame donk..

      Delete
  11. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    ReplyDelete