23 July 2012

Ikut pendaftaran CPNS

Tahun ini pemerintah membuka kembali Pendaftaran CPNS Tahun Anggaran 2012, keran Moratorium yang dilaksanakan mulai tahun 2011-2012 telah dibuka, walaupun sedikit formasi yang dibuka, beberapa instansi sudah mulai mengumumkan penerimaan pendaftaran CPNS 2012.

Animo masyarakat untuk mendaftar CPNS tahun ini sangat tinggi sekali, termasuk saya sendiri sudah 2 tahun belakangan ikut ujian CPNS selalu gagal, namun tahun ini saya akan mencoba untuk ikut ujian CPNS lagi..walaupun formasi yang dibutuhkan untuk jurusan saya sedikit sekali dan pesaingnya tentu sangat banyak.

Penerimaan CPNS untuk tahun ini formatnya agak sedikit berbeda dengan tahun 2010 yang lalu, tahun ini ujian CPNS akan dilaksanakan serentak pada tanggal 8 September 2012 serentak di semua instansi, jadi kita tidak bisa mengikuti lebih dari satu pilihan, klo gini caranya harus pinter-pinter milih peluang nih kayaknya.

Untuk mengikuti ujian CPNS ini semua peserta diwajibkan untuk memenuhi beberapa persyaratan administratif, ada beberapa instansi meminta syarat yang sangat berat seperti nilai ujian TOEFL 550, IPK 3,50 dan punya ijasah pendidikan profesi akuntan, kalo saya mending cari yang syaratnya ringan aja, udah nggak keburu untuk nyari syarat yang begituan.

Akhirnya saya memilih instansi Kemenakertrans dan BPKP, syaratnya lumayan ringan sih..untuk BPKP cuman daftar online selanjutnya menunggu pengumuman, kalo lolos baru daftar ulang dengan melampirkan berkas lainnya, sedangkan Kemenakertrans kudu melampirkan berkas tambahan yaitu Kartu Kuning

Kebetulan Kartu Kuning saya sudah kadaluarsa 2 tahun yang lalu, sehingga harus bikin baru di kantor Dinsosnakertrans di kota saya, barusan saya ngurus kesana dan ternyta antriannya banyak banget, nggak nyangka animo pencari Kartu Kuning segitu banyaknya, kemudian sayapun ikut mengantri dan menyiapkan syarat-syaratnya..Tiba giliran saya dilayani seorang ibu pegawai kantor tersebut dan ternyata beliau mengenali saya.

Ibu tersebut kenal dengan nyokap saya yang emang dulunya pensiunan kantor Dinsosnakertrans,...walah akhirnya malah ngobrol ngalor ngidul dan gak berapa lama jadilah Kartu Kuning saya,..eh tau nggak ternyata Kartu Kuning itu warnanya sudah berubah lho..kalo dulu warnanya emang kuning, sekarang sudah berubah menjadi putih, hahahaha.

Selesai bikin kemudian fotocopy tuh kartu, nyari fotocopyan lumayan jauh juga, musti bolak balik deh..dan ternyata tempat lahir yang tertera di kartu tersebut salah, yang seharusnya Samarinda malah tertulis Semarang, mungkin tu ibu-ibu lagi puasa jadinya nggak konsen nulis...

Jadinya bolak balik lagi deh ke kantor buat benerin tulisan itu, abis dibenerin trus fotocopy dan minta legalisir sekalian, dan akhirnya selesai sudah urusan Kartu Kuning saya.

Rencananya besok saya mulai ngirim berkas lamaran CPNS saya ke kantor Kemenakertrans Jakarta, semoga masih ada waktu deh.

Related Story

13 comments:

  1. gak minat jadi PNS mas, enakan wirausaha...

    ReplyDelete
  2. selamat mengikuti tes CPNS nya mas.. semoga beruntung. xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn, makasih ya atas doanya...

      Delete
  3. kalau aku sejak ijasah smp sampai ijasah sarjana sudah aku pakai buat mendaftar jadi pns,...hehehehe tidak lulus2 sob,...mending jadi karyawan swasta,..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar mas, mungkin tahun ini dicoba lagi, siapa tahu anda beruntung, hehehe...

      Delete
  4. Mau jadi PMS, ups PNS maksudnya :)
    semoga sukses bang.

    ReplyDelete
  5. wahahaha .. ketulis semarang ya bang , jauh banget nyasarnya ttl salah :D

    gud lak bang , semoga sukses deh :)

    ReplyDelete
  6. semoga semuanya lancar dan diterima mas..

    ReplyDelete