15 July 2012

Pengalaman menjadi seorang Mystery Shopper

Secangkir teh
Pagi ini di hari terakhir liburan saya, saya ingin berbagi pengalaman aktivitas saya seharian kemarin yang sangat menyenangkan dari pagi sampe sore, sebelumnya disamping laptop saya sudah mempersiapkan secangkir teh hangat Sariwangi untuk menemaniku membuat postingan ini.


Kemarin hari sabtu saya memiliki agenda yang padat banget, diawali dengan melakukan investigasi saya sebagi Mystery Shopper di sebuah mall di Jogja (nggak perlu saya sebutin soalnya rahasia perusahaan), lumayan lah dapet job freelance buat nambahin uang saku sekaligus jalan-jalan, saya mulai berangkat dari rumah jam 10.00 WIB menuju ke Jogja, hawanya sih agak sedikit mendung waktu itu, namun dengat tekad membara dan semangat nyari gratisan ya musti dilanjut.

Memasuki sebuah mall ternyata saya kepagian walaupun mall sudah buka namun masih terlihat sepi pengunjung, memulai aktivitas Mystery Shopping saya keliling mall mampir dari store satu ke store yang lain...padahal agenda investigasi saya hanya akan mengunjungi 2 store untuk diinvestigasi, namun karena target masih sepi pengunjung, rasanya gimanaaa....gitu.pikirku nunggu rame aja deh jadi saya bisa membaur dengan pengunjung lain dan nggak dicurigai sebagai Mystery Shopper hahahaha...

Jam sudah menunjukkan pukul 11.00 WIB saatnya beraksi nih..kemudian saya langsung menuju target pertama, store sudah lumayan rame pengunjung..dan saya masuk langsung disambut ramah sama greeternya..skip..skip..skip..(cerita selanjutnya rahasia perusahaan), kunjungan ke target pertama sukses..saya sudah mengngat apa yang menjadi catatan dalam store pertama tersebut...hehehehe ntar tinggal bikin reportnya.

Nyruput teh anget dulu yak....lanjut ke target kedua..sebenernya jadwal kunjungan untuk target kedua adalah jam 13.00 WIB, buset sekarang aja masih jam 12.00 WIB, jadi musti nunggu 1 jam lagi...yowis akhirnya saya ke Gramedia bentar, baca-baca buku disono..skip..skip..skip..1 jam terlewati, saatnya menuju ke target kedua, target store kedua ini lumayan susah dicari, maklum belum pernah mengunjungi store ini sebelumnya.

Udah saya ubek-ubek seisi Mall tetep nggak ketemu, akhirnya saya nanya satpam letak

Mystery Shopper
store yang dimaksud...wah ternyata ada di lantai paling atas, pantesan saya ubek-ubek dari tadi ndak ketemu, lanjut menuju lantai yang dimaksud saya langsung masuk ke store dan disana ternyata storenya agak sepi pengunjung, maklum lokasinya kurang strategis menurut saya.

Setelah melakukan investigasi beberapa menit saya langsung cabut pulang, eits tunggu dulu...sebelum pulang tadi saya liat di lampu merah Klaten ada spanduk gede ntar sore ada Festival Reog menyambut HUT Klaten ke-208, yaudah sebelum pulang kerumah mampir dulu deh di alun-alun buat nonton Reog, kebetulan perjalanan dari Jogja ke Klaten cuman 1 jam, jadi pas nyampe sono sudah mulai acaranya.

Skip..skip..skip ..beberapa menit kemudian ternyata saya sudah sampe lebih awal di Klaten, tentu saja acaranya belon mulai, daripada bengong di alun-alun, saya nyari warnet terdekat buat membunuh waktu. Jam sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB dan acara sudah dimulai..depan alun-alun Klaten sudah ramai penonton, dan coba tebak parkiran di alun-alun tarifnya melonjak jadi 6 kali lipat, yang normalnya cuman Rp.500 jadi Rp.3000, wah gak bener nih..

Bupati Klaten foto bersama Reog
Lanjut nonton festival reognya saya menyelinap ambil posisi paling depan untuk mengabadikan momen ini, dan ternyata ada sekitar 20 kontingen reog dari berbagai daerah, Jalan Pemuda yang merupakan jalan protokol di Klaten ditutup untuk festival ini, pembukaan disambut oleh Bupati Klaten Sunarna dengan bersepeda beserta para stafnya dari kantor Kabupaten menuju alun-alun.

Pas jam 16.30 WIB saya pulang melewati kemacetan di sekitar lokasi, puas rasanya seharian jalan-jalan ke Jogja dan Klaten, lanjut malemnya saya bikin report investigasi Mystery Shopping yang barusan saya lakukan di Jogja kemudian dikirim by e-mail pada koordinator saya, semoga hasilnya memuaskan deh..ehehehe..

Related Story

6 comments:

  1. skip..skip..skip...hahahaha..
    isilah titik-titik dengan benar yak..!

    wah asiknya bisa nonton reog..
    dooohh, kangen jogja..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..iya nih mbak ay..untuk mempersingkat cerita jadinya di skip aja scene yang nggak penting..huehue

      mbahk ay suka reog juga yah..??
      maen donk ke jogja..hooho

      Delete
  2. Replies
    1. intinya tu kita menyelidiki target store dengan berpura-pura menjadi pelanggan, kita menyelidiki kualitas pelayanan, keramahan pelayanan, kebersihan toko dll.

      Delete
  3. ke jogja sendirian bang ?
    waaah jangan2 mall nya deket malioboro niih .. hehehehe
    resiko pekerjaan bang , semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya donk..hahaha..emang resiko pekerjaan tp pekerjaan enak..huehuehue....

      Delete