06 July 2012

Perjalanan ke Kebumen

Tugu walet ikon Kebumen
Sesuai dengan deskripsi Blog Mr. Andry yaitu "sebuah catatan perjalanan" dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang perjalanan saya mengisi waktu liburan ini ke Kebumen yang rencananya akan berlangsung selama 2 hari mulai hari ini Rabu, 04 Juli 2012 s/d Kamis 05 Juli 2012, lho...ke Kebumen ketempat siapa tuh..??? emmm..hehehe ini ketempat genduk (calon istri) sebut saja begitu, karena saya memang suka menyebut do'i genduk, sebutan orang Jawa untuk gadis yang masih muda.


Kenapa saya pilih hari ini, karena kebetulan pas jadwalnya genduk hari ini dan besok libur juga, jadinya bisa bareng deh liburnya, hohoho...hal yang perlu disiapkan sebenernya standart aja untuk orang yang akan berpergian, cukup bawa baju ganti, perlengapan MCK dan duit tentunya...mengingat jarak rumah saya sampai Kebumen yang lumayan jauh, kurang lebih 200 Km akan ditempuh dengan sepeda motor.

Biasanya jalan udah mulai macet ketika memasuki dalam kota Yogyakarta,
Kereta Prameks
kalo lewat ringroad selatan jaraknya lebih jauh, sebenernya masih ada alternatif moda transportasi yang bisa digunakan selain ber-pegel-pegel ria naik motor sejauh 200 Km selama 3 jam perjalanan, yaitu kereta api Prameks jurusan Solo-Kutoarjo, namun tarifnya yang bikin geleng-geleng, mosok sekali jalan Rp. 20.000 per gundul, sedangkan kalo naik motor pulang-pergi cuman ngabisin duit Rp.35.000.

Jadi saya memilih menggunakan sepeda motor dan perjalanan akan dimulai pagi ini sekitar pukul 06.30 WIB mumpung belum macet jalannya (ternyata keluar di jalan emang udah macet) huft..bareng sama orang kantoran..mbokde-mbokde ke pasar...orang pergi kesawah...orang pada liburan..komplit banget dah.

Kota Jogja
Melewati Jogja saya memilih lewat tengah kota, biarpun rada macet plus lampu merah bejibun dengan counter time yang bisa mencapai 120 detik (alamak..!!) saya menyusuri jalanan kota Jogja yang super sibuk plus rame soalnya sebagai destinasi wisata pas musim liburan, tentu saja Jogja itu rame boosss...

Setelah 30 menit melewati kota Jogja, menuju ringroad ngelewatin pasar Gamping (pintu masuk Jogja sisi barat) padat merayap, aktivitas pasar plus bus pariwisata, angkot, bus AKAP pada ngetem disono, bikin tambah semrawut.

Lanjut menuju selatan melewati jalan Wates nampak sedikit lengang, perjalanan lumayan lancar melewati Wates menuju ke arah barat masuk ke wilayah Jawa-Tengah melalui Purworejo saya kaget, biasanya jalanan wilayah Jawa-Tengah kalah mulus daripada jalanan wilayah DIY, kali ini saya lewat jalanan sudah mulus, biasanya sebagai pertanda anda sudah memasuki wilayah Jawa-Tengah tu tandanya gampang, kalo jalanan sudah "nggronjal" (bergelombang) itu artinya anda sudah memasuki wilayah Jawa-Tengah huahahahaha.

Tanpa melewati halangan yang berarti akhirnya sampailah saya di Kebumen, biasanya saya berangkat hari minggu pas jam 06.00 WIB sampai di Kebumen sekitar pukul 09.00 WIB, kali ini saya berangkat pukul 06.30 WIB sampai Kebumen jam 10.00 WIB, maklum jalanan macet musim liburan pula, jadi waktunya molor.

Related Story

No comments:

Post a Comment