09 August 2012

Semangat sekolah anak Indonesia harapan bangsa

Beberapa hari yang lalu ketika saya melayat ke tempat tante ipar saya di daerah Bagelen, Purworejo Jawa-Tengah, saya melihat segerombolan anak pulang sekolah naik angkot, saya kemudian kagum dan terkejut dengan pemandangan yang tidak lazim saya temui tiap hari di daerah saya...lho koqq..???

Sebenarnya angkot dan pelajar naik angkot dimana-mana suatu hal yang lumrah, namun lihatlah gambar berikut ini, biar gambar yang berbicara :

Pulang sekolah naik angkot

Sebuah potret perjuangan anak bangsa dalam menggapai ilmu sampe dibela-belain naik angkot "nggandul" di belakang, samping dan nongkrong di atas atap angkot, nggaktau dah itu yang "nggandul" bayar apa nggak, sungguh perjuangan yang nggak kalah dengan pemberitaan di media beberapa waktu lalu anak anak di daerah Lebak, Banten pergi ke sekolah menyeberang sungai dengan jembatan tali ala film Indiana Jones.

Menyebrang sungai dengan jembatan tali

Kalo di daerah saya mah angkot dan bus pedesaan malah pada sepi melompong nggak ada anak sekolah yang mau naik, paling banter juga mbokde-mbokde yang mau belanja dan jualan ke pasar bawa dagangan mereka, biasanya anak sekolah jaman sekarang klo nggak dibeliin motor nggak mau sekolah, mintanya pun motor yang gaul dan keren, minimal motor Satria FU biar keren dan gagah kalo boncengin cewek, hahaha..

Sedangkan di daerah lain masih banyak rekan sebaya mereka berjuang untuk berangkat ke sekolah dengan berbagai cara bahkan nyerempet bahaya demi menuju ke sekolah, biasanya anak yang sekolahnya penuh perjuangan gitu kelak akan menjadi orang yang sukses, karena mereka benar-benar berjuang dengan sungguh-sungguh untuk menimba ilmu, dan Tuhan akan selalu memmberkati usaha tulus dan penuh perjuangan hamba-Nya, yang menurut saya itu bisa disebut Jihad sejati, pepatah mengatakan "Tuntutlah Ilmu sampai ke Negeri Cina".


Saya salut denga pengorbanan mereka untuk menuntut ilmu di sekolah, sayapun dulu juga begitu, sekolah SMP dari rumah ke sekolah naik bus pedesaan, udah naik ke SMU awal kelas 1 saya naik sepeda sejauh 12 km sampe akhirnya orang tua saya membelikan saya sepeda motor Astrea 800 tahun 80-an, ya Alhamdulilah masih mending biar motor jadul masih bisa ngglinding daripada ngos-ngosan nggenjot sepeda tiap hari, hahaha..

Bagaimana dengan kalian..??? jangan mau kalah dengan anak-anak itu ya..tetap semangat

Related Story

30 comments:

  1. ternyata diluar sana masih banyak yg seperti itu ya bang. gw yang lebih baik dari itu mestinya lebih bersyukur, tp malah kadang gw tetep ngeluh -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya lebih semangat donk...bersyukur masih bisa lebh baik fasilitasnya daripada mereka

      Delete
    2. bener bang gw udah sadah :) hehe

      Delete
  2. gue berjanji akan mencerdaskan anak didik gue nanti bang ...
    #menatap ke langit sore

    walopun gue gak mutu tapi gue peduli sama kondisi pendidikan bangsa ini bang ...
    wiiiw ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. batul mas, jadi guru pahlawan tanpa tanda jasa, turut andil dalam mencerdaskan bangsa.

      Delete
  3. Mereka yang bersungguh-sungguh menimba ilmu, akan menjadi orang sukses. Kita akan turut kagum saat mendengar kisah perjuangannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, perjuangan dalam menimba ilmu dengan penuh resiko.

      Delete
  4. Saya jadi sedikit terharu ( sambil merenung masa lalu )
    saya sekolah di kota dengan seribu fasilitas kox masih malas ya.
    tak seperti mereka walau maut di depan mereka selalu semangat, salut saya mas....


    semoga dengan mereka-mereka bangsa kita bisa maju
    #harapan penuh

    ReplyDelete
  5. Saya lupa tadi mas, sudah saya follow blognya kang Mr. Andy. folback yooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Mr. Andy...yang cakep,heheh

      Delete
  6. Wah, terharu bacanya.. Dari SD aku udah biasa naik angkot atau bis kota, tapi anak anak ini, mereka luar biasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, mereka berangkat ke sekolah berjuang menghadapi rintangan dan bahaya, jangan sampe telat, apalagi bolos dan tawuran

      Delete
  7. tetap semangat kaya lagunya bondan yg judul'a tetap SEMANGAT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul kita jangan sampe kalah semangat dengan mereka...

      Delete
  8. di tempatku jg masih ada sekolahan yg memakai masjid sebagai kelas krn gak punya ruangan. mereka fine-fine aja. malah prestasi bagus-bagus.

    btw, beli domainnya dmn ya, mas? aku mau beli juga nih...

    ReplyDelete
  9. yap betul adanya. mereka memiliki perjuangan yang begitu tinggi..... demi sebuah ilmu

    ReplyDelete
  10. rasanya malu dengan mereka bila kita yang sudah jelas2 enak tetapi malah mengabaikan pelajaran di pendidikan

    ReplyDelete
  11. semangat anak2 bangsa untuk sekolah sangatlah besar, namun terkadang asilitas dan perekonomian menjadi penghambatnya..

    ReplyDelete
  12. sakit memang kalo membandingkan pendidikan jawa dan luar jawa
    di pedalaman sini, anak sd harus jalan kaki atau mengayuh sampan berkilo-kilo hanya untuk bisa sekolah
    jangan tanya kaya apa fasilitas yang didapat
    bangunan kayu lapuk dan gurunya hanya dua orang

    ReplyDelete
  13. miris banget liat pendidikan di negeri ini. Orang kota sering menyepelekan pendidikan tapi orang di pelosok malah begitu semangat menempuh pendidikan sampai mempertaruhkan nyawa, hasrunya kita liat energi orang pelosok :)

    Kalau gue udah jadi gue, pengen bikin sekolah gratis *bisa ga ya

    ReplyDelete
  14. semoga pendidikan di Indonesia makin membaik dan pemerintah lebih care lagi mendukung semangat sekolah anak Indonesia *merdeka

    ReplyDelete
  15. ironi ya gan mereka yang meminta motor dan mereka yang berjuang dengan alam dan keadaan. yang berjuan itulah yang akan sukses, insyaaloh amin... :D

    ReplyDelete
  16. wahhh ini sama aja kaya ngebahas kisah gue sehari hari , kalo pengen sekolah harus lewat sawah , kadang ada yg nyebur trus pulang kaga jadi sekolah deh hahay,
    Btw bang andry polbek ane yah , blognya udh ane pollow tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, tetep semangat bersekolah ya..jangan males sekolah apalagi bolos

      Delete