31 December 2014

Pengalaman Mengikuti Ujian Sertifikasi Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa

Beberapa hari yang lalu saya disuruh oleh atasan saya untuk mengikuti ujian sertifikasi pejabat pengadaan barang dan jasa, awalnya sih saya disuruh untuk mencari event ujian yang ada di Denpasar saja, karena kantor saya domisili di Kab. Karangasem, Bali agar biaya yang dikeluarkan kantor bisa ditekan.

Saat itu saya masih ingat bulan oktober saya searching di internet menemukan event ujian PBJ yang akan diselenggarakan di Denpasar, kemudian saya dan beberapa teman mendaftarkan diri, namun karena peserta diklat dan ujian tidak memenuhi kuota akhirnya ujian dibatalkan.

Oleh pimpinan saya mengingat anggaran untuk pelaksanaan ujian PBJ sudah harus dipakai sebelum akhir tahun, maka diputuskan untuk mengikuti ujian PBJ di LKPP Jakarta, tepatnya di Gedung SMESCO, ujian yang diselenggarakan oleh LKPP ini gratis, hasilnya langsung bisa kelihatan dan sertifikat bisa langsung jadi saat itu juga.

Kemudian sayapun mendaftarkan diri via online di http://sertifikasi.lkpp.go.id daftarnyapun simpel, kita bebas memilih tanggal ujian beserta jam pelaksanaan ujian, untuk harinya dilaksanakan setiap hari senin-kamis, setiap hari ada 2 sesi ujian.

Setelah mendaftarkan diri sayapun memilih waktu ujian pada tanggal 11 Oktober 2014 sesi pagi jam 08.00 WIB beserta 1 orang teman kantor, waktu ujian ini berlangsung selama 100 menit, dengan menggunakan komputer, jadi enak tinggal klik klik jawaban saja.

Dalam ujian ini kita diperkenankan untuk membawa Kepres 58 Tahun 2010 dan Perpres 70  Tahun 2012 sebagai pedoman pelaksanaan ujian pengadaan barang dan jasa.

Masing-masing sesi terdapat maksimal 35 orang yang mengikuti ujian, pas kloter saya kemarin cuma ada 34 orang peserta, dari 34 peserta ujian tersebut, yang dinyatakan lulus sebanyak 12 orang termasuk saya dan teman saya sekantor.

Dalam ujian kali ini ada beberapa sub soal yang memiliki bobot nilai berbeda, ada yg bobotnya 2,3 dan 4, yang bobotnya paling tinggi berada pada soal terakhir, soalnya berupa studi kasus tentang proses pengadaan barang dan jasa, nilai kelulusan minimal adalah 165, dan kemarin saya mendapat nilai 193 dan alhamdulilah dinyatakan lulus.

Setelah dinyatakan lulus kita dipersilakan untuk menunggu sebentar sekitar 15 menit untuk difoto dan menunggu sertifikatnya jadi, umur sertifikat ini berlaku selama 4 tahun.

Setelah menerima sertifikat tersebut, kita sudah resmi menjadi pejabat pengadaan barang dan jasa, dan diperkenankan untuk menjadi anggota ULP (unit layanan pengadaan).

Untuk yang ingin merasakan simulasi ujian PBJ bisa mengakses www.ujianpbj.com

 Selamat mencoba dan semoga lulus ya...

Sekian tulisan dari saya, semoga bisa bermanfaat.

Related Story

1 comment:

  1. wah pengalamannya berguna nih buat saya, salam kenal mr andri, blog saya dipawardhana.wordpress.com

    ReplyDelete