27 March 2012

Pentingnya Filter Oli Pada Sepeda Motor

Motorku tipe Suzuki Shogun 125RR keluaran tahun 2009 sejak pertama kali beli belum pernah sekalipun ganti filter oli, aku baca-baca di internet sih kabarnya komponen filter oli pada mesin tidak kalah vitalnya dengan komponen lain dalam sepeda motor, sehingga filter oli mutlak diganti setiap 10.000 Km.

Berikut ini adalah sekilas tentang filter oli pada sepeda motor, saya comot dari berbagai sumber di internet, kali ini mari kita bahas dahulu type cartridge oil filter :

Filter Oli
Pada pengaplikasiannya cartridge oil filter ini terletak, di jalur oli setelah out put dari Oil Pump, dan hasil saringannya disalurkan menuju lubang pada crank shaft, yang kemudian melumasi bagian-bagian vital seperti connecting road (stang piston) , bearing, pin , serta piston dan liner cyilinder block , dimana komponen ini mendapat beban stress tertinggi merubah gerakan translasi menjadi rotasi, serta mendapat perlakuan panas yang ekstreme  dari ruang pembakaran, disisi lain jalur pelumasan menuju transmission dan valve train. Sepanjang yang saya temui pada motor yang mengaplikasi type cartridge ini ada 2 jenis bahan filter :

1. Bahan dari kertas, hasil penyaringan relatif bersih, namun life time penggunaannya lebih singkat, karena endapan gram mudah menempel pada kertas, dan menyebabkan aliran sirkulasi oli terganggu jika tidak segera diganti, harga filter kertas relatif lebih murah contoh pengaplikasiannya : Suzuki Smash, Satria FU, Yamaha Vixion, Jupiter MX, Dll.

2. Bahan dari rajutan lembut semacam nylon , penyaringan juga bersih namun pori-pori rajutan tak selembut filter kertas, life time pemakainnya relatif lebih lama dan awet karena filter bisa dicuci, tidak mudah mengendap dan “ulet” kuat, harganya lebih mahal dari filter kertas, contoh pengaplikasian pada Yamaha Scorpio dari filter jenis cartridge tersebut mempunyai keuntungan mainteneance yang lebih mudah secara berkala, namun jangan di sepelekan masa life time nya, jika tidak pernah diganti , penuh endapan bisa menghambat sirkulasi pelumasan dan fatal akibatnya.

Naahh..sudah tau kan pentingnya filter oli pada sepeda motor..?? Oleh sebab itu daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada sepeda motorku yang diakibatkan oleh filter oli yang nggak pernah diganti, maka mumpung harga BBM belom naik, hari ini pulang dari kantor, aku sempatkan sebentar untuk mampir di sebuah bengkel di dekat rumah untuk mengganti filter oli sepeda motorku.

Kebetulan pas di bengkel ada kejadian lucu karena aku belom pernah beli filter oli sebelumnya, langsung aja aku bilang sama pemilik bengkel (juragan) mau beli filter oli, eh giliran udah mau dipasang sama orang bengkelnya dibilangin ini bukan filter oli mas tapi filter udara. Pantesan aja harganya mahal Rp. 45.000

Untung segelnya belom dibuka, jadinya bisa dituker dah, nah pas udah bener dapetnya filter oli, pas mau dipasang ternyata ukurannya kegedean..padahal aku beli yang genuine dari Suzuki, di kardusnya juga tertera cocok buat Suzuki Shogun 125 tapi pas di pasang malah kegedean, akhirnya dituker lagi sama yang agak kecil dan akhirnya beres, sekalian juga ganti oli ,dan totalnya abis Rp. 36.000, dengan perincian filter olinya Rp.11 000 dan  olinya Rp. 25.000.

Jadi jangan remehkan komponen mesin sepeda motor anda yang bernama Filter Oli, karena jika jarang/tidak pernah diganti sama sekali akan berakibat fatal pada mesin sepeda motor anda.

Related Story

2 comments:

  1. ati2 jangan keliru dengan filter oli shogun 125.
    new shogun 125 filternya beda. ada karet di satu sisinya.
    kalo filter dipasang, karet itu menghadap ke arah mesin.
    klo kebalik fatal akibatnya...

    ReplyDelete
  2. Iya, memang kadang lupa ngerawat motor. Lewat artikel ini, aku jadi inget belum service karbu padahal udah lama juga didiemin.

    ReplyDelete