17 July 2012

Berkah Ramadhan

Puasa
Bulan Ramadhan segera tiba, euforia bulan Ramadhan tak kalah heboh dengan perhelatan event EURO 2012 yang lalu..jauh-jauh hari sebelumnya kita bisa melihat siaran di televisi berlomba-lomba menghadirkan acara bertemakan religi, tak kalah heboh penyanyi-penyanyi mulai latah pengen meraup untung dengan menelorkan album religi pula.

Selain itu kita juga bisa melihat beberapa iklan seperti iklan sirup, operator seluler, iklan makanan dan iklan obat-obatan atau vitamin yang bisa menjaga stamina tetap vit di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah, walaupun event umat muslim ini selalu hadir setahun sekali dan untuk tahun ini awal bulan Ramadhan tidak sama antara Muhammadiyah dan Pemerintah, namun umat muslim di Indonesia tidak mempermasalahkan perbedaan tersebut.

Di sekolah dan beberapa instansi pemerintah pada awal bulan puasa menerapkan hari libur awal puasa selama 1-2 hari, khusus untuk sekolahan tempat saya bekerja, libur awal bulan Ramadhan ditetapkan selama 3 hari mulai tanggal 19-21 Juli 2012, lumayan nih baru libur panjang 3 minggu sekarang sudah dapet libur lagi.

Biasanya sebelum memasuki hari pertama bulan Ramadhan, di kampung saya ada ritual pensucian diri dengan mandi di pemandian terdekat, ritual ini biasa disebut sebagai "Padusan" kalo saya sih mending padusan di rumah saja, toh esensinya sama juga mensucikan diri sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Padusan

Orang-orang di daerahku klo mau padusan biasanya ke pemandian alami yang banyak di sekitar daerah tempat tinggalku seperti Pemandian Cokro Tulung yang ada Water Boom nya, Pemandian Umbul Ponggok dan masih banyak lagi. Biasanya kalo musim padusan seperti ini, lokasi padet banget, macet dimana-mana..makanya saya males buat ikutan acara begituan.

Selamat menyambut bulan Ramadhan, semoga di bulan Ramadhan tahun ini kita mendapat berkah dan manfaat yang lebih baik, amin..!!!

Related Story

13 comments:

  1. ga sabar mau puasa, mau ngurangin dosa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul nih, bulan puasa merupakan momen yang baik untuk menambah pahala dan melebur dosa..

      Delete
  2. Sya stuju sperti yg di atas ...

    Sambut puasa dgn hati yg suci

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat menyambut bulan suci ramadhan ya..

      Delete
  3. Replies
    1. sudah saya hapus mas, nggak tau kemaren tiba-tiba hilang sendiri..ya udah akhirnya saya copot aja

      Delete
  4. Amien,,,
    mampir dulu sambil silaturrahmi ya,,,
    :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat datang..salam kenal ya..

      Delete
  5. ampe untel-untelan gitu ya :D
    mandi sendiri aja di empang...hehehe..

    selamat melaksanakan ibadah puasa ya, mas:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...gak enak mbak mandi di empang..ntar digigit ikan lele lho..

      Delete
  6. artikel yg bagus nih..
    mantap sob..
    bermanfaat sekali..


    #Salam Silaturahmi

    ReplyDelete
  7. Bulan Ramadhan Memang Bulan Suci yang Penuh Berkah.. :)
    Selamat Menunaikan Ibadah Puasa & Semoga Tahun ini gak pada Bolong" Puasanya..., hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat menunaikan ibadah puasa juga ya..

      Delete