15 August 2012

Mudik..mudik..musim mudik telah tiba

Mudik
Rasanya baru kemarin mengawali bulan Ramadhan, namun sekarang udah hampir berakhir, ada sebagian orang yang merasa sedih ada sebagian orang justru bersuka-cita, sedih karena meninggalkan bulan suci yang penuh dengan rahmat berkah dan hidayah dari Allah SWT, bulan penuh ampunan..sapa tau Ramadhan ini Ramadhan terakhir bagi kita.

Nah untuk kelompok yang bersuka cita ini biasanya gembira karena menyongsong hari kemenangan setelah sebulan berpuasa, menyambut lebaran beli baju baru, mudik ke kampung halaman, dapat parcel dan THR dari kantor, ritual yang berlangsung setahun sekali ini banyak menyedot perhatian, uang, tenaga, pikiran dan kesehatan.

Pola migrasi manusia musim lebaran saat mudik ibarat burung yang juga migrasi pada peralihan musim, arus perputaran uang juga semakin meningkat, belanja kebutuhan untuk lebaran semakin jor-joran, mall dipadati pengunjung, biro jasa perjalanan meraup untung, semua berkat ritual lebaran.

Kemarin ketika saya pergi ke Kebumen melewati beberapa kota, terdapat orang berjejer di pinggir jalan menawarkan jasa penukaran uang untuk angpau lebaran, sebuah fenomena jasa yang unik yang terjadi hanya setahun sekali.

Dulu saya juga pernah merasakan bagaimana sensasi mudik ke kampung halaman, mulai berburu tiket sampai menghitung hari libur lebaran saya lakoni demi pulang ke kampung halaman.

Banyak diantara mereka mudik dengan berbagai cara dan moda transportasi masal mulai dari yang gratisan sampe membayar mahal melalui calo juga dilakonin.

Mudik memang menyimpan banyak cerita didalamnya, di sepanjang jalan didirikan bermacam posko untuk menyambut para pemudik yang melintas, mulai dari posko polisi, bengkel, produk-roduk yang sekaligus menawarkan kemudahan dan promosi produknya seakan menjadi magnet tersendiri bagi para pemudik untuk sekedar mampir melepas lelah sambil mencicipi promosi yang ditawarkan, asyik bukan??? 

Ayo kita mudik....jangan lupa jaga keselamatan anda saat perjalanan, semoga selamat sampai tujuan.

Related Story

43 comments:

  1. mudik bang? tapi beli tiketnya ga sama calo kan? *pertanyaan bodoh

    gue ga mudik, gue besar dit empat kelahiran :)_

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..mudik ke tempat camer..hahaha

      Delete
    2. amiinnn makasih ya sob..

      Delete
  2. Mudik selalu menjadi Tradisi orang muslim di bulan suci :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ga sedikit juga yang tabrakan xixixi

      Delete
    2. hahaha itu mah kurang hati-hati

      Delete
  3. sipp....dan ingatlah ketika mudik pasti ongkosnya membludakkkk...hehe,,karena akupun merasakannya...
    follback ya bang..^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget itu mbak, wah mudik kemana mbak..??

      Delete
  4. Niar gag mudik mas andi, cuma pingin deh mudik kemana gitu :D

    Jalan2 ajah deh pas libur lebaran mayan lama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku bukan mas andi tapi andry mbak #mewek

      wah asyik donk jalan2 hehehe

      Delete
  5. yuk ah kita mudik..
    aku mudiknya hari H.. ke bogor dulu, baru malamnya ke semarang..

    selamat mudik, Andry...! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asyik donk jalan-jalan ke banyak tempat.

      met mudik juga mbak...

      Delete
  6. aku udah gak mudik lagi. udah di rumah ortu soalnya. heheh

    ReplyDelete
  7. Besok gue mudik semoga selamet sampe tujuan O:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..met mudik ya..semoga selamat sampe tujuan.

      Delete
  8. aku lebaran ke 2 baru mudik

    mudah mudahan ada kapal, soal tiket sama calo pun jadi.wakakakaka




    ReplyDelete
    Replies
    1. wew so sweet..berasa seperti film Titanic donk, naik kapal

      Delete
  9. gue gak mudik bang
    jadi gak punya pengalaman mudik kaya abang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kampung ente kan di pemalang? koq ga mudik?

      Delete
    2. iya gue kan disemarang cuma kuliah bang ...
      keluarga asli pemalang semua jadi ya lebaran di pemalang aja bang , hehehe

      Delete
    3. hahaha selamat lebaran di pemalang aja yah

      Delete
  10. tahun ini ga mudik, mudah2n yangm mudik selamt di jalan dan tujuan yah

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Gunung Kidulnya sebelah mana nih, deket ma saya donk, saya di Klaten, hehehe

      Delete
  12. Wah serunya mudik lebaran..., hati-hati di jalan jangan lupa oleh2nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha beres..nooh pesen aja sama yang pada mudik..

      Delete
  13. ciee yang mudik, cieee
    nah gue gak mudik *kasian* *pukpukdirisendiri*
    mudik kemana bang? jangan ngebut-ngebut dijalan ya, semoga selamat sampai tujuan :) #eaaa #perhatiandikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudik ke rumah camer (calon mertua) hahaha...

      Delete
  14. alhamdulillah saya sudah mudik pagi tadi. Betul, mudik akan selalu menyimpan cerita tersendiri. Meski saya sering pulang kampung, tapi suasana mudik akan selalu berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul, mudik memang menyimpan beragam cerita dan kenangan indah, sampe dibela-belain perjalanan jauh dan melelahkan demi berkumpul dengan keluarga

      Delete
  15. Replies
    1. ikutan mudik nggak mas..??? atau emang nggak mudik nih

      Delete
    2. g mudik nih sob, di rumah aj yg penting happy hehe

      Delete
  16. eeh..ane dh nympe dikampung ne..alhamdulillah nympe dg slamat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukur deh selamat sampe tujuan, met ngumpul bareng keluarga ya

      Delete
  17. aku mudiiik \(^^)/, mudik memang asik banget, suasananya, macetnya, sampe nginep berhari hari di jalan. Capek sih, tapi menyenangkan :'3

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew asyik donk..klo mudik macet di jalan bisa bikin Bete tuh..hahaha

      Delete